SAPERIAH NIM A1B110243.
Kelompok tiga telah memaparkan jenis motivasi
menurut pembagian dari Woodworth dan Marquis. Yang saya tanyakan adalah pada
poin c, yakni motif objektif. Di sana dijelaskan bahwa motif objektif itu
menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan menipulasi, untuk
menaruh minat. Mohon beri penjelasannya lagi dan berikan contohnya.
Terima kasih.
Motif-motif objektif. Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.motif ini muncul karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.
Terima kasih.
Motif-motif objektif. Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.motif ini muncul karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.
Nurul Hidayah
NIM A1B110224
NIM A1B110224
Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
Menurut kelompok
kami motivasi dan aktivasi memiliki
hubungan timbal balik misalnya saja motivasi tanpa aktivitas akan sia-sia
begitu pula aktivitas tanpa motivasi berjalan namun tidak tahu tujuan
yang jelas maka dapat disimpulkan
motivasi dan aktivitas itu salng berhubungan
untuk proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar motivasi yang diberikan guru akan berjalan
dengan baik apabila siswanya dapat belajar untuk menghasilkan sesuatu yang
baik, misalnya prestasi dalam akademik .
SISWANTO ADI
SAPUTRO
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Terimakasih.
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Terimakasih.
Menurut kelompok
kami memberikan motivasi kepada siswa/
peserta didik itu banyak hal yang bisa
memotivasi meraka baik itu dari motivasi instrinsik maupun ekstrinsik ,member
hadiah bagi meraka yang belajar sungguh missal hanya satu siswa yang seula
rajin tapi saat diberi hadiah maka siswa lain merasa iri terhadapnya maka siswa
lain akan terpacu untuk belajar dan mendaatkan hadiah. Hadiah yang kami maksud
disi berupa nilai dan pujian kalau itu tiadak mempan maka rumus kedua iyalah
dengan pemberian hukuman yang mungkin dapat memotivasi meraka untuk belajar
karena takut dihukam sehingga awalnya terpaksa menjadi terbiasa dan berubah
menjadi kebutuhan bagi mereka untuk belajar.
Nama : Abdul Hamid
NIM : A1B110201
Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
a.)
Komponen afektif adalah aspek emosional, yaitu ynag
terdiri dari motif sosial, sikap dan emosi
maksudnya perilaku seseorang juga
terpengaruh oleh emosi yang memliki fungsi sebagai pembangkit energi, misalnya
saat dia dicemooh/dihina orang maka emosinya akan berpengaruh dengan perilaku
untuk membuktikan dia biasa dan tidak seperti yang dicemoohkn orang dan dia
akan berusaha agar berhasil daripada
orag yang telah mencemoohnya. Motif sosial seperti kasih saying, kekuasaan dan
kebebasan.
b.)
Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang berkaitan dengan apa
yang diketahui, dipikirkan, dipahami, dan diingat oleh manusia.
c.)
Komponen konatif adalah aspek volisional, yang berhubungan dengan kebiasaan dan kemauan
bertindak.
Okta Maria Ulva
AlBll0216
(Kelompok 4)
AlBll0216
(Kelompok 4)
Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih.
memberikan motivasi yang sesuai dengan aktivitas misalnya guru meminta siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan dipapan tulis
Motivasi yang
diberikan bisa berupa pujian dan nilai tambahan sehingga siswa lain terpacu untuk maju kedepan dan menjawab
pertanyan dari guru sehingga ada aktivitas saat belajar mengajar.
Raudatul Janah
NIM A1B110255
NIM A1B110255
Kelompok
menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif
dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau
jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya
terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang
penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih
Yaiu tingkah
laku yang terdiri dari bagaimana dia memikirkan tentang tujuan dan ingin mencapai kepuasan dan
perasaan subjektif maka insting dapat aktif
yang terpeting dari insting ialah rasa
ingin tahu contohnya seorang
siswa mendapat penjelasan yang sedikit
dan dia msih bertanya apa maksudnya
namun waktu jam pelajaran telah habis maka insting terhadap rasa ingin tahunya mendurung si
siswa tersebut akan mencari sesuatu agar
biasa menjawab rasa ingin tahu tersebut baik dia membaca buku atau bertanya
pada orang lain hingga rasa ingin tahunya terpenuhi.
KUSNIATI ANDRIANI
NIM A1B110215
NIM A1B110215
Ada 3 jenis
motivasi menurut pembagian dari woodworth dan marquis. Kalau menurut pemahaman
saya 3 jenis motivasi yang dipaparkan kelompok lebih kepada motif. Jadi,
Jelaskan 3 jenis motivasi yang berkaitan dengan motivasi!
Jenis
motivasi menurut pembagian dari Woodworth dan Marquis
a.Motif atau kebutuhan organis, meliputi
kebutuhan untuk makan, minum, bernafas, seksual, dan kebutuhan untuk
beristirahat.
b.Motif darurat.
Yang termsuk dalam jenis ini antara lain, dorongan untuk menyelamatkan diri,
dorongan untuk membalas, dan untuk berusaha. Jelasnya motivasi ini timbul
karena rangsangan dari luar.
c.Motif objektif. Dalam hal ini menyangkut
kebutuhan untuk melakukan, memanipulasi, untuk menaruh minat. Motif ini muncul
karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.
Nama :
Harmah
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
Bisa menurut
kami karena motivasi ekstrinsik adalah dorongan terhadap perilaku seseorang
yang ada di luar perbuatan yang ia lakukan, bisa berupa hadiah atau hukuman
agar siswa tersebut giat belajar dan
termotivasi karena awalnya mungkin siswa merasa takut dihukum membuatnya
belajar lebiah giat lagi dan lama kelaman karena terbiasa maka akan
timbul perasaan rasa kewajiban untuk belajar dalam diri sendiri tanpa harus
dihurus oranag lain
Contohnya saja
saat kita ada tugas
dan diberitahukan apabila tidak mengerjakan maka disuruh keluar dari ruangan
saat pelajaran itu maka rasa takut hal
itu membuat kita belajar dan seterusnya
begitu sampai kita menyadari sendiri.
Nama: Laili
Hidayati
NIM : A1B110202
NIM : A1B110202
Seperti yan
kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka
peluang untuk bereprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh
kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon
pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan
prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang,
"jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi
diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di
sekolah". Terimaksih
Ada tiga komponen
utama dalam motivasi yaitu kebutuhan,
dorongan dan tujuan
Misalnya seorang
Siswa tersebut lebih dominan mementingkan prestasi diluar maka sebagai seorang
pendidik kita akan kembali mengingatkan ada kebutuhan yang harus siswa itu ingat
yaitu belajar dan mengingatkan lagi bahwa dia seorang siswa dan memiliki
tanggung jawab belajar agar seimbang
antara prestasi di luar dan prestasi akademik yang baik hingga tujuan
masa depannya pun cerah.
Nama: Norlaila
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
memotivasi diri kita banyak hal yang bisa membuat diri kita termotivasi baik dalam diri sendiri maupun dari lingkungan contohnya saat kita melihat nilai ipk teman kita baik maka kita akan menanya bagaimana kamu bisa mendapatkan ipk seperti ini lalu dia menjawab dengan belajar maka kita sesacara otomatis akan menanamkan pemikiran “ dia bisa kenapa aku tidak” dan ada juga motivasi dari dosen yang memberikan tugas itu juga akan memotivasi kita untuk belajar karena ingin nilai bagus dan takut dihukum membuat kita termotivasi.
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
memotivasi diri kita banyak hal yang bisa membuat diri kita termotivasi baik dalam diri sendiri maupun dari lingkungan contohnya saat kita melihat nilai ipk teman kita baik maka kita akan menanya bagaimana kamu bisa mendapatkan ipk seperti ini lalu dia menjawab dengan belajar maka kita sesacara otomatis akan menanamkan pemikiran “ dia bisa kenapa aku tidak” dan ada juga motivasi dari dosen yang memberikan tugas itu juga akan memotivasi kita untuk belajar karena ingin nilai bagus dan takut dihukum membuat kita termotivasi.
NAMA : AHMAD JAMALUDIN
NIM : A1B110204
NIM : A1B110204
assalamualaikum.
wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
kita ketahui autis itu memiliki tingkatannya ada autis yang tidak terlalu parah dan ada
yang parah bahkan ada autis yang memiliki IQ diatas orang normal seperti
kita lalu untuk memotivasi mereka kita lihat kembali tingkat ke autisannya
kalau autisnya tidak terlalu parah mungkin memberikan dorongan semangat dan
perhatian yang lebih serta tidak terlalu membeda-bedakan dengan anak normal
ainnya.
Abdul Gani
A1B108256
Tanggapan saya adalah seorang guru memang sangat penting memberikan motivasi kepada anak didiknya. Dengan motivasi yang baik maka anak didik akan merasakan:
1. Lebih giat/semangat untuk belajar
2. Akan memiliki pandangan/wawasan yang lebih luas
3. Akan lebih siap dengan tantangan yang ada di depan
4. Akan lebih semangat dan ingin secepatnya menggapai cita
Bagaimana kawan? Apakah setuju dengan pendapat saya?!
A1B108256
Tanggapan saya adalah seorang guru memang sangat penting memberikan motivasi kepada anak didiknya. Dengan motivasi yang baik maka anak didik akan merasakan:
1. Lebih giat/semangat untuk belajar
2. Akan memiliki pandangan/wawasan yang lebih luas
3. Akan lebih siap dengan tantangan yang ada di depan
4. Akan lebih semangat dan ingin secepatnya menggapai cita
Bagaimana kawan? Apakah setuju dengan pendapat saya?!
Kami juga sendapat dengan pernyataan saudara gani
Nama :
Hayatul Mursyida
Nim: A1B110212
Nim: A1B110212
Saya ingin
bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk
motivasi primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Menurut buku yang kami baca dan petualangan kami
diinternet dapat kami simpukan seperti ini
Motif bawaan itu juga termasuk Motivasi primer
karena dalam pengertian motivasi primer
dibuku belajar dan pembelajaran Dr. Dimyati dan Drs mudjiono mengatakan motivasi primer didasarkan pada motif-motif dasar
yang umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani seperti
makan,minum,berkelompok, kawin dll dan pengertian motif bawaan adalah motif yang dibawa sejak
lahir, jadi motivasi itu ada tanpa dipelajari. Sebagai contoh misalnya:
dorongan untuk makan, dorongan untuk minum, dorongan untuk bekerja, untuk
beristirahat, dorongan seksual.
misalnya ada seorang pemuda
yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal
tersebut termasuk motifasi apa?
Motivasi yang menyimpang dan bersifat
negatif.
sangat membantu
BalasHapusTerbaik
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusGomawo
BalasHapusMantap sekali 👍👍
BalasHapus