o

Jumat, 15 Maret 2013

TANGGAPAN DARI PERTANYAAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN KELOMPOK 3



SAPERIAH NIM A1B110243.
Kelompok tiga telah memaparkan jenis motivasi menurut pembagian dari Woodworth dan Marquis. Yang saya tanyakan adalah pada poin c, yakni motif objektif. Di sana dijelaskan bahwa motif objektif itu menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan menipulasi, untuk menaruh minat. Mohon beri penjelasannya lagi dan berikan contohnya.
Terima kasih.
Motif-motif objektif. Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.motif ini muncul karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.


Nurul Hidayah
NIM A1B110224


Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
Menurut kelompok kami  motivasi dan aktivasi memiliki hubungan timbal balik misalnya saja motivasi tanpa aktivitas akan sia-sia begitu pula aktivitas tanpa motivasi berjalan namun tidak  tahu tujuan  yang jelas  maka dapat disimpulkan motivasi dan aktivitas itu salng berhubungan  untuk proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar  motivasi yang diberikan guru akan berjalan dengan baik apabila siswanya dapat belajar untuk menghasilkan sesuatu yang baik, misalnya prestasi dalam akademik .
SISWANTO ADI SAPUTRO
NIM A1B110233

Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Terimakasih.
Menurut kelompok kami   memberikan motivasi kepada siswa/ peserta didik itu banyak hal yang bisa  memotivasi meraka baik itu dari motivasi instrinsik maupun ekstrinsik ,member hadiah bagi meraka yang belajar sungguh missal hanya satu siswa yang seula rajin tapi saat diberi hadiah maka siswa lain merasa iri terhadapnya maka siswa lain akan terpacu untuk belajar dan mendaatkan hadiah. Hadiah yang kami maksud disi berupa nilai dan pujian kalau itu tiadak mempan maka rumus kedua iyalah dengan pemberian hukuman yang mungkin dapat memotivasi meraka untuk belajar karena takut dihukam sehingga awalnya terpaksa menjadi terbiasa dan berubah menjadi kebutuhan bagi mereka untuk belajar.

Nama : Abdul Hamid
NIM : A1B110201

Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
a.)    Komponen afektif adalah aspek emosional, yaitu ynag terdiri dari motif sosial, sikap dan emosi  maksudnya  perilaku seseorang juga terpengaruh oleh emosi yang memliki fungsi sebagai pembangkit energi, misalnya saat dia dicemooh/dihina orang maka emosinya akan berpengaruh dengan perilaku untuk membuktikan dia biasa dan tidak seperti yang dicemoohkn orang dan dia akan berusaha  agar berhasil daripada orag yang telah mencemoohnya. Motif sosial seperti kasih saying, kekuasaan dan kebebasan.
b.)    Komponen kognitif adalah aspek  intelektual yang berkaitan dengan apa yang diketahui, dipikirkan, dipahami, dan diingat oleh manusia.
c.)    Komponen konatif adalah aspek volisional, yang berhubungan dengan kebiasaan dan kemauan bertindak.




Okta Maria Ulva
AlBll0216
(Kelompok 4)


Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih.
memberikan motivasi yang sesuai dengan aktivitas misalnya guru meminta siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan dipapan tulis
Motivasi yang diberikan bisa berupa pujian dan nilai tambahan sehingga siswa  lain terpacu untuk maju kedepan dan menjawab pertanyan dari guru sehingga ada aktivitas saat belajar mengajar.
Raudatul Janah
NIM A1B110255


Kelompok menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih
Yaiu tingkah laku yang terdiri dari bagaimana dia memikirkan tentang  tujuan dan ingin mencapai kepuasan dan perasaan subjektif maka  insting  dapat aktif  yang terpeting dari insting ialah rasa  ingin tahu  contohnya seorang siswa mendapat penjelasan  yang sedikit dan dia msih bertanya apa maksudnya  namun waktu jam pelajaran telah habis maka insting  terhadap rasa ingin tahunya mendurung si siswa tersebut  akan mencari sesuatu agar biasa menjawab rasa ingin tahu tersebut baik dia membaca buku atau bertanya pada orang lain hingga rasa ingin tahunya terpenuhi.
KUSNIATI ANDRIANI
NIM A1B110215
Ada 3 jenis motivasi menurut pembagian dari woodworth dan marquis. Kalau menurut pemahaman saya 3 jenis motivasi yang dipaparkan kelompok lebih kepada motif. Jadi, Jelaskan 3 jenis motivasi yang berkaitan dengan motivasi!
Jenis motivasi menurut pembagian dari Woodworth dan Marquis
 a.Motif atau kebutuhan organis, meliputi kebutuhan untuk makan, minum, bernafas, seksual, dan kebutuhan untuk beristirahat.
b.Motif darurat. Yang termsuk dalam jenis ini antara lain, dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, dan untuk berusaha. Jelasnya motivasi ini timbul karena rangsangan dari luar.
 c.Motif objektif. Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan, memanipulasi, untuk menaruh minat. Motif ini muncul karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.

Nama : Harmah
NIM : A1B110211

Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
Bisa menurut kami karena motivasi ekstrinsik adalah dorongan terhadap perilaku seseorang yang ada di luar  perbuatan yang  ia lakukan, bisa berupa hadiah atau hukuman agar siswa tersebut giat belajar  dan termotivasi karena awalnya mungkin siswa merasa takut dihukum membuatnya belajar  lebiah giat lagi  dan lama kelaman karena terbiasa maka akan timbul perasaan rasa kewajiban untuk belajar dalam diri sendiri tanpa harus dihurus oranag lain
Contohnya saja saat  kita  ada tugas  dan diberitahukan apabila tidak mengerjakan maka disuruh keluar dari ruangan saat  pelajaran itu maka rasa takut hal itu membuat kita belajar  dan seterusnya begitu sampai kita menyadari sendiri.

Nama: Laili Hidayati
NIM : A1B110202

Seperti yan kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka peluang untuk bereprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang, "jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di sekolah". Terimaksih
Ada tiga komponen utama dalam motivasi yaitu  kebutuhan, dorongan dan tujuan
Misalnya seorang Siswa tersebut lebih dominan mementingkan prestasi diluar maka sebagai seorang pendidik kita akan kembali  mengingatkan  ada kebutuhan yang harus siswa itu ingat yaitu belajar dan mengingatkan lagi bahwa dia seorang siswa dan memiliki tanggung jawab belajar agar seimbang  antara prestasi di luar dan prestasi akademik yang baik hingga tujuan masa depannya pun cerah.
Nama: Norlaila
Nim: A1B110242

            Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam    pembelajaran?
 memotivasi diri kita banyak hal yang bisa membuat diri kita termotivasi baik dalam diri sendiri maupun dari lingkungan contohnya saat kita melihat nilai ipk teman kita baik  maka kita akan menanya bagaimana kamu bisa mendapatkan ipk seperti ini lalu dia menjawab dengan belajar maka kita sesacara  otomatis akan menanamkan pemikiran “ dia bisa kenapa aku tidak” dan ada juga motivasi dari dosen yang memberikan tugas itu juga akan memotivasi kita untuk belajar karena ingin nilai bagus dan takut dihukum membuat kita termotivasi.
NAMA : AHMAD JAMALUDIN
NIM : A1B110204

assalamualaikum. wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
kita  ketahui autis itu  memiliki tingkatannya  ada autis yang tidak terlalu parah dan ada yang parah bahkan ada autis yang memiliki IQ diatas orang normal seperti kita  lalu untuk memotivasi mereka  kita lihat kembali tingkat ke autisannya kalau autisnya tidak terlalu parah mungkin memberikan dorongan semangat dan perhatian yang lebih serta tidak terlalu membeda-bedakan dengan anak normal ainnya.  
Abdul Gani
A1B108256

Tanggapan saya adalah seorang guru memang sangat penting memberikan motivasi kepada anak didiknya. Dengan motivasi yang baik maka anak didik akan merasakan:
1. Lebih giat/semangat untuk belajar
2. Akan memiliki pandangan/wawasan yang lebih luas
3. Akan lebih siap dengan tantangan yang ada di depan
4. Akan lebih semangat dan ingin secepatnya menggapai cita

Bagaimana kawan? Apakah setuju dengan pendapat saya?!
Kami  juga sendapat dengan pernyataan saudara gani
Nama : Hayatul Mursyida
Nim: A1B110212
 
Saya ingin bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk motivasi  primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Menurut buku yang kami baca dan petualangan kami diinternet dapat kami simpukan seperti ini
Motif bawaan itu juga termasuk Motivasi primer karena dalam pengertian motivasi  primer dibuku belajar dan pembelajaran Dr. Dimyati dan Drs mudjiono mengatakan  motivasi primer  didasarkan pada motif-motif  dasar  yang umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani seperti makan,minum,berkelompok, kawin dll dan pengertian motif bawaan adalah motif yang dibawa sejak lahir, jadi motivasi itu ada tanpa dipelajari. Sebagai contoh misalnya: dorongan untuk makan, dorongan untuk minum, dorongan untuk bekerja, untuk beristirahat, dorongan seksual.
misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Motivasi yang menyimpang dan bersifat negatif.


5 komentar: